Sunday, August 4, 2013

8 MAKANAN PENYAYANG GINJAL


Masih mengingatkan kita kepada Hari Ginjal Sedunia yang diperingati bulan Maret yang lalu, maka ada pertanyaan: sudahkan anda menyayangi ginjal anda?

Walaupun ukurannya kecil, namun ginjal sangat berarti bagi kesehatan kita, karena fungsinya amat vital seperti menyaring darah, memproduksi hormone, menjaga keseimbangan asam basa cairan tubuh kita dan beberapa fungsi lainnya.

Salah satu cara untuk memelihara ginjal dan menjaganya agar tetap dalam kondisi prima untuk menjalankan fungsi-fungsi vital itu adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berpengaruh baik terhadap ginjal.

Berikut ini ada 10 jenis makanan yang baik untuk ginjal sebagaimana dilansir oleh Boldsky …

#1 -  Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan super yang mengandung anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bawang putih juga ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh

#2 – Berries

Berbagai macam berries seperti strawberries, cranberries, raspberries dam blueberries sanagt ramah terhadap ginjal. Berries mengandung anti-peradangan yang dapat mengurangi terjadinya peradangan ginjal serta meningkatkan fungsi kandung kemih.

#3 – Paprika Merah

Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah Kalium (K) dan kayak akan vitamin A, C, B6, asam folat dan serat yang menjaga ginjal agar tetap sehat, Paprika juga dapat mencegah beberapa jenis cancer.

#4 – Kecambah atau Tauge

Kecambah atau tauge berperan membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal. Khasiat kecambah ini lebih baik bila dikonsumsi mentah dari pada dimasak terlebih dahulu.

#5 – Kubis

Kubis meningkatkan fungsi ginjal dan sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan meyehatkan ginjal

#6 – Apel

Anggur, cherry dan apel adalah buah-buahan yang sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Anda sebaiknya rutin menyantap apel setiap harinya

#7 – Minyak Zaitun

Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik bagi kesehatan jantung.zaitun mengandung anti-peradangan, asam lemak tak jenuh yang menurunkan oksidasi dan berpengaruh baik pada ginjal.

#8 – Bawang Merah

Bawang merah dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Juga berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.


Semua makanan itu sungguh amat mudah didapat. Sehingga tidaklah sulit untuk memelihara dan menyayangi ginjal kita dengan mengkonsumsinya …

No comments:

Post a Comment