Thursday, August 15, 2013

APAKAH KITA SUDAH MERDEKA?


Enampuluh delapan tahun sudah kita memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Tapi, Apakah kita sudah benar-benat merdeka dan berdaulat? Mari kita renungkan .... Coba kita jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini yang layak kita ajukan kepada penyelenggara negeri ini  :

Negara kita, alam kita kaya raya, rakyat kita banyak dan banyak yang pandai, namun kenapa kita masih belum mandiri dan masih tergantung dan bahkan takut pada negara lain?

Bumi kita mengandung minyak, gas bumi, emas, perak, batu bara, batu permata, uranium, plutonium dan berbagai mineral, mengapa kita harus menyerahkan eksplorasinya kepada bangsa lain dengan bagian keuntungan kita yang kecil?

Tanah kita subur loh jinawi dan sangat luas, mengapa untuk memenuhi kebutuhan pangan seperti beras, kedelai (kita suka makan tahu tempe), terigu (kita suka makan mie instan), buah-buahan dan bahan pangan lainnya masih mengimpor dari negara lain?

Padang rumput kita hijau dan luas, mengapa untuk kebutuhan daging kita masih mengimpor sapi dan ternak lainnya?

Kita punya banyak orang pandai, namun mengapa banyak rakyat Indonesia masih bodoh dan hidup sengsara. Bukan hanya di desa-desa tertinggal, tapi di kota-kota besar, bahkan di ibukota negeri ini.

Kita punya banyak orang yang ahli di bidangnya, tapi mengapa untuk cari minyak di bumi sendiri kita minta tolong bangsa lain? Untuk memanfaatkan air bagi kepentingan rakyat kita masih minta bantuan asing, sehingga air harus kita beli?

Kita punya deposit besi dan baja, namun mengapa kita belum bisa bikin mobil, kereta api, pesawat dan senjata dengan merek murni Made In Indonesia sendiri? Mengapa kita biarkan merek bangsa lain menguasai pasar kita?

Kita negara bahari karena lautan kita luas, namun mengapa kita masih belum bisa memanfaatkannya untuk kemaslahatan rakyatnya? Mana keunggulan industri perikanannya? Mana keunggulan industri perkapalannya?

Kita punya banyak sumber daya enerji yang bisa dimanfaatkan, seperti tenaga laut, tenaga matahari, panas bumi dan banyak lagi, tapi kenapa kita berkutat di minyak bumi saja dan tidak mengembangkan karunia Tuhan lainnya ini agar kita bisa mandiri dan tidak tergantung pada BBM?

Sumber daya manusia Indonesia banyak dan cukup, mengapa harus cari kerja di luar negeri sebagai TKI yang banyak memunculkan persoalan? Bukankah kalau kita berswadaya di segala bidang kita akan perlu banyak SDM? Kita perlu lebih banyak petani, nelayan, guru, dosen, pekerja, PRT, tentara, polisi dan sebagainya.

Saya kira masih banyak pertanyaan serupa yang bisa diajukan, namun cukup kiranya untuk bisa menjawab pertanyaan pokok di atas (Dalam rangka renungan 17 Agustus 2013, Peringatan Hari Kemerdekaan kita). APAKAH KITA TELAH MERDEKA?

Jawabnya: BELUM!!!

Kita sekarang masih terbelenggu dan belum terbebas dari kepentingan segelintir orang dan golongan yang egois memikirkan kemakmuran diri sendiri dan golongannya. Kita dikungkung oleh para mafiosi ala Indonesia disegala bidang, kita diperas oleh preman-preman .... 

YAA GUSTI ALLAH YANG MAHA KUASA, MERDEKAKAN NEGERIKU DARI ORANG, KELOMPOK, GOLONGAN, PEMIMPIN DAN PEJABAT YANG MENDZALIMI BANGSA SENDIRI …. Aamiin ya Rabbal’aalaamiin

No comments:

Post a Comment