Saturday, August 3, 2013

KHASIAT KESEHATAN MADU

KHASIAT MADU - TENTANG KEHEBATAN KHASIAT MADU


Manfaat madu, teristimewa bagi kesehatan telah dikenal sejak dahulu kala. Madu memberikan manfaat ganda bagi kehidupan manusia yang dapat kita lihat betapa pentingnya madu dalam berbagai tradisi, budaya dan agama. Madu digunakan dalam berbagai resep masakan serta untuk pembuatan kue dan roti, atau sekedar sebagai olesan roti. Madu juga digunakan sebagai pemanis dalam macam-macam minuman seperti teh dan beberapa minuman kemasan 

Namun manfaat utama madu adalah manfaat bagi kesehatan. Hampir semua agama menganjurkan penggunaan madu bagi pengobatan dan menjaga kesehatan. Al Qur’an misalnya menjelaskan manfaat madu dalam Surah 16 - An-Nahl (Lebah) ayat 68 - 69 di mana Allah berfirman:

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan

Telah amat banyak penelitian dilakukan yang kemudian membuktikan bahwa madu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Ini ada beberapa manfaat yang saya ambil dari daftar manfaat madu bagi kesehatan yang sebetulnya cukup panjang.

PEMBANGKIT ENERJI ALAMI

Madu merupakan sumber karbohidrat yang sangat bagus yang merupakan bahan bakar utama untuk menghasilkan enerji dan kekuatan dalam tubuh kita. Dua komponen karbohidrat utama dalam madu adalah fruktosa (38,2%) dan glukosa (31.3%), sukrosa dan maltosa sekitar 8.4%, plus air (17.2%).

Glukosa merupakan bentuk gula yang dapat diserap secara cepat oleh sel-sel tubuh sehingga dapat menghasilkan enerji dengan segera. Fruktosa akan diserap dalam waktu lebih lambat sehingga bermanfaat untuk pembentukan enerji yang lebih tahan lama. Adanya dua bentuk gula ini memberikan khasiat pembentukan enerji yang cepat namun tahan lama. Manfaat ini digunakan oleh para atlit olah raga untuk meningkatkan performa dan ketahanan serta mengurangi kelelahan otot   

KHASIAT ANTI CANCER

Beberapa penelitian dan tinjauan secara jelas mengindikasikan bahwa beberapa jenis polifenol dalam madu yang diuji secara laboratories menunjukkan khasiat sebagai anti-proleferative agent (zat yang menghambat pertumbuhan sel ganas) yang menjanjikan. Namun beberapa ahli lainnya menyarankan agar hal ini diuji secara klinis terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke dunia kedokteran.

KHASIAT ANTI OKSIDAN

Radikal bebas dan spesies oksigen reaktif biasanya dihubungkan dengan proses penuaan (aging process) dan terjadinya berbagai penyakit pada manusia. Untuk melindungi dan menghindari terjadinya proses penuaan dan meningkatkan kekebalan tubuh, manusia melindungi diri dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat anti-oksidan tinggi di mana madu merupakan pilihan terbaik bagi keperluan ini.

Satu percobaaan dengan 2 pemberian madu menunjukkan bahwa senyawa fenolik yang ditemukan dalam madu meningkatkan aktivitas anti-oksidasi dalam plasma darah. Ini diperkirakan dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap stress oksidatif pada orang sehat sehingga memperlambat proses penuaan.

KHASIAT ANTIBAKTERIAL DAN ANTISEPTIK

Satu penelitian oleh Dr. M. Subrahmanyam (1991) menunjukkan bahwa madu berkhasiat dalam mencegah terjadinya infeksi, karena sifat anti-bakteri atau bakteristatik terutama dengan cara memperlambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif. Ia mengisolasi 9 spesies bakteri yang ditemukan pada luka bakar dan terlihat bahwa semua bakteri terhambat pertumbuhannya dengan konsentrasi madu sebesar 30% pada medium Muller-Hinton (MH)

Satu penelitian lain oleh Tumkur Ramachandriah Shamala dkk. membuktikan bahwa madu memiliki khasiat antibakterial yang luar biasa terhadap bacteria Escherichia coli yang diberikan pada hewan yang diberi makan dalam kondisi in-vitro maupun in-vivo, serta menunjukkan khasiat kesehatan yang potensial setelah hewan-hewan tersebut diberikan madu secara teratur.

Fakta menunjukkan bahwa madu telah digunakan untuk menyembuhkan luka di masa lalu karena sifat antibacterial ini. Namun dengan ditemukannya penicillin dan antibiotika lainnya di abad ke-20, khasiat penyembuhan luka oleh madu telah diambil alih. Namun madu tetap digunakan dalam penyembuhan luka secara tradisional dalam berbagai komunitas masyarakat.

Khasiat antibacterial madu lainnya yang masih tetap digunakan:

  • Obat yang bagus untuk batuk dan sakit tenggorokan
  • Pembalut antiseptik yang baik untuk luka bakar dan luka terbuka
  • Obat diare dan membantu rehidrasi.

KHASIAT MADU LAINNYA

Termasuk dalam khasiat madu yang lain: membantu pembentukan sel-sel darah, pelembab kulit, obat susah tidur (insomnia), penyembuhan tukak lambung serta untuk pemulihan hangover pada peminum alkohol.

Semoga bermanfaat.

Terjemahan dari Honey Benefits, the Superb Benefits of Honey, di blog-ku:
http://thehoneybeekeeper.blogspot.com/2012/06/honey-benefits.html

No comments:

Post a Comment