Monday, August 12, 2013

DEGENERASI MAKULAR

DEGENERASI MAKULAR (Macular Degeneration)


Degenerasi makula adalah salah satu cacat penglihatan yang paling umum dijumpai dan mencakup sekitar sepertiga dari semua gangguan penglihatan di negara ini. Biasanya menimpa usia di atas 50-an dan karena itu disebut degenerasi makula usia lanjut

Kelainan makula yang diderita orang muda sedikit berbeda dan tidak tercakup dalam bahasan ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelainan pada orang muda, anda bisa berkonsultasi dengan spesialis mata.

Apa MAKULA itu?

Pada bagian belakang mata terdapat lapisan jaringan sensitif cahaya yang disebut retina. Makula terdapat di pusat retina di mana sinar masuk secara terfokus. Makula sangat penting dan bertanggung jawab untuk:
  • Melihat objek yang tepat berada di depan kita
  • Penglihatan yang diperlukan guna melakukan kegiatan yang kecil-kecil seperti menulis dan membaca
  • Kemampuan kita untuk membedakan atau melihat warna

 Apa yang dimaksud dengan Degenerasi Makula Usia Lanjut?

Pada degenerasi makula usia lanjut daerah yang sangat terspesialisasi pada mata telah mengalami degenerasi, di mana sel-sel makula yang halus menjadi rusak dan berhenti bekerja. Penyebab terjadinya hal ini tidak diketahui, namun cenderung menimpa manula.

Degenerasi makula usia lanjut ini biasanya menimpa kedua belah mata, namun tidak terjadi secara bersamaan. Pada kebanyakan kasus, sel-sel makula berhenti berfungsi dan menampilkan penglihatan bagai foto lama yang memudar.  

Degenerasi makula tidak terasa sakit atau menyakitkan, dan tidak pernah berujung pada kebutaan. Ini adalah penyebab paling sering berkurangnya penglihatan pada orang berusia lebih dari 60, tetapi tidak pernah berujung pada kehilangan penglihatan, karena hanya pusat penglihatan yang dipengaruhi. Degenerasi makula tidak pernah mempengaruhi pengihatan pada bagian tepi mata. Ini artinya, hampir semua orang dengan degenerasi makula memiliki penglihatan sisi cukup untuk melihat sekeliling dan tetap bisa mandiri melakukan kegiatannya.

Apa gejala degenerasi makula?


Pada tahap awal pusat penglihatan anda mungkin kabur atau mengalami distorsi, di mana benda-benda terlihat dengan ukuran dan bentuk yang tidak biasa. Ini bisa terjadi secara cepat atau berkembang selama beberapa bulan. Ada peningkatan sensifitas terhadap cahaya dan ada penglihatan seolah melihat lampu terang namun tidak ada lampu di depan anda. Hal ini bisa menyebabkan ketidak-nyamanan, namun tidak sampai menyakitkan.

Makula adalah titik yang memungkinkan anda untuk melihat detail halus dalam penglihatan anda.  Penderita dengan kondisi lanjutan akan sering melihat bayangan kosong atau gambaran yang gelap di pusat penglihatannya. Ini membuat kegiatan seperti membaca, menulis dan mengamati benda kecil atau wajah seseorang menjadi sangat sulit.

Apa yang dapat dilakukan untuk meringankan keadaan?

Sayangnya, degenerasi makula usia lanjut tidak dapat benar-benar disembuhkan dan belum ada pengobatan bagi mereka yang mengalami kerusakan bertahap pada penglihatan mereka. Jika penglihatan anda memburuk dengan cepat, atau tiba-tiba mengalami distorsi visual berbagai benda,  maka ini dapat disebabkan oleh kelainan pembuluh darah yang tumbuh di bawah retina. Perawatan laser kemudian dimungkinkan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Apa yang harus dilakukan jika ada dugaan saya terkena degenerasi makula?

Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin terkena degenerasi makula tetapi ada tidak ada gejala akut, anda harus melihat dokter atau ahli mata yang akan mengarahkan anda ke dokter spesialis mata. Jika anda memiliki gejala akut maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk pertolongan darurat.

Jika degenerasi makula telah didiagnosis untuk salah satu mata anda, dan mata anda yang lain memperlihatkan gejala akut, maka anda harus pergi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan segera dan lengkap.

Apa saja jenis pemeriksaan yang akan dilakukan?

Pertama akan ada penilaian penglihatan untuk kedua mata anda. Kemudian anda akan diberikan tetes mata yang akan memperbesar pupil mata anda sehingga spesialis mata dapat melihat ke bagian dalam mata anda. Tetes memerlukan sekitar 20 menit untuk bekerja, namun efeknya dapat berlangsung selama beberapa jam. Penglihatan anda akan menjadi kabur untuk sementara waktu dan mata anda akan menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Aapakah saya dapat dibantu untuk melihat lebih baik?


Jangan berkecil hati; anda dapat dibantu untuk melihat lebih baik. Perawatan dengan sinar laser dapat membantu beberapa orang jika kondisi didiagnosa secara dini. Ada juga berbagai bantuan penglihatan (optic aids), yang dapat memaksimalkan penggunaan bagian retina yang tidak terkena kerusakan. Antara lain penggunaan lampu baca yang lebih terang dan kaca pembesar mulai dari yang sederhana sampai ke peralatan yang lebih canggih. Mintalah dokter anda untuk merujuk anda ke klinik mata terdekat.

No comments:

Post a Comment