Tuesday, February 4, 2014

16 TIPS PENTING MENGEMUDI DI MALAM HARI

16 TIPS PENTING MENGEMUDI DI MALAM HARI


Meskipun pada malam hari lalu lintas di jalan-jalan biasanya berkurang, namun hampir lebih dari 50% kasus kecelakaan mobil yang fatal terjadi setelah matahari terbenam. Alasan utama di balik kenyataan ini adalah perbedaan dramatis yang yang diakibatkan oleh kegelapan dalam hal kemampuan mengemudi. Malam hari benar-benar menjadi sulit bagi seorang pengemudi mobil untuk beradaptasi bahkan pada kondisi mengemudi paling normal sekalipun.

Mengemudi bahkan menjadi lebih menantang pada waktu senja, ketika mata melakukan perubahan untuk beradaptasi dengan kegelapan yang semakin bertambah. Jadi, kewaspadaan dan kehati-hatian ekstra sangat diperlukan saat mengemudi di malam hari.

Berikut adalah 15  tips keamanan untuk mengemudi di malam hari:

1. Persiapkan mobil Anda untuk berkendara di malam hari. Bersihkan semua kaca jendela dan lampu, termasuk lampu depan dan lampu belakang.

2. Pastikan bahwa semua lampu luar mobil bekerja dengan baik sehingga orang lain dapat melihat mobil anda dengan jelas.

3. Nyalakan lampu anda sebelum matahari terbenam sehingga orang lain dapat melihat mobil anda dengan jelas. Ini juga akan membantu anda meningkatkan visibilitas anda di malam hari dan mengemudi secara aman.

4. Lampu utama (high-beam, di Indonesia lebih dikenal dengan istilah lampu dim, padahal ini salah kaprah) mengurangi visibilitas, oleh karenanya jangan pernah menyorot kendaraan lain dengan lampu utama saat mengemudi di malam hari.

5. Hindari semua jenis penyebab mata silau pada malam hari, karena silau sangat mengurangi visibilitas dan persepsi anda. Jika ada cukup penerangan lampu jalan, matikan pencahayaan dalam kabin mobil Anda.

6. Bersihkan kaca depan dan kaca lainnya dari debu dan embun karena kotoran dapat menyebabkan silau.

7. Hindari menatap lampu kendaraan lain dari depan, karena anda akan silau. Jika tak ada pembatas jalan dengan jalur berlawanan, maka berusahalah untuk menepi semaksimal mungkin dengan melirik ke batas tepi jalan. Hindari menambah kecepatan saat berpapasan dengan kendaraan dari depan

8. Mengemudi di atas batas kecepatan ini juga berbahaya di malam hari karena persepsi anda berkurang dan anda mungkin tidak dapat meduga datangnya bahaya dari depan. Menggunakan kecepatan tinggi di malam hari benar-benar mengurangi waktu anda untuk bereaksi dan anda dapat menjadi penyebab sebuah sebuah kecelakaan.

9. Mengemudi di malam hari lebih melelahkan dari pada mengemudi di siang hari. Jadi, selalu beristirahatlah sejenak  untuk menyegarkan diri dalam perjalanan, terutama jika itu adalah perjalanan jarak jauh.

10. JIka melakukan perjalanan jarak jauh, anda dapat bergantian mengemudi dengan penumpang lainnya, sehingga masing-masing penumpang mobil bisa ada waktu untuk bersantai.

11. Jangan pernah minum minuman beralkohol dan mengemudi, karena alkohol merupakan depresan yang mengganggu kemampuan mengemudi anda dan selain itu membuat anda merasa mengantuk.

12. Hindari merokok saat mengemudi karena nikotin dan karbon monoksida menghambat penglihatan di malam hari.

13. Jauhkan jarak anda dengan mobil di depan anda, karena ini akan membantu anda untuk menilai  kecepatan dan jarak kendaraan dengan pengguna jalan lainnya yang lebih baik.

14. Jika mobil anda mengalami kerusakan alias mogok, berilah tanda peringatan pada pengendara-pengendara lainnya dengan menyalakan lampu darurat dan pinggirkan mobil anda keluar dari badan jalan.

15. Ada waktu anda mungkin melihat lampu mobil di belakang mobil anda melalui refleksi kaca spion. Ini dapat menghambat penglihatan anda ke depan, jadi pastikan bahwa anda menyesuaikan cermin agar refleksi sinar itu tidak mengganggu lagi.

16. Rasa mengantuk dan kelelahan dapat juga menyebabkan gangguan penglihatan. Jadi, jangan berkendara lebih dari 3 jam terus menerus non-stop

Semoga bermanfaat, dan semoga selamat di jalan dan sampai tujuan

Wassalam, Mimuk Bambang Irawan .

Sumber:

No comments:

Post a Comment