Tuesday, February 11, 2014

LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES) – Bagian 6

LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES) – Bagian 6
Bagaimana masa depan penderita dengan sistemik lupus?
Secara keseluruhan, masa depan pasien dengan lupus sistemik mengalami peningkatan setiap dekade dengan adanya pengembangan tes pemantauan dan perawatan yang lebih akurat.
Peran sistem kekebalan tubuh dalam menyebabkan penyakit menjadi dipahami dengan lebih baik melalui berbagai penelitian. Pengetahuan ini akan diterapkan untuk mendesain metode pengobatan yang lebih aman dan lebih efektif. Sebagai contoh,  revisi lengkap sistem kekebalan tubuh pasien yang diberikan perawatan yang sangat agresif yang sementara menghapus sistem kekebalan tubuh sedang dievaluasi. Pebelitian saat ini meliputi pengurangan kekebalan dengan atau tanpa penggantian sel yang dapat membangun kembali sistem kekebalan tubuh (transplantasi sel induk =  stem cell transplantation)
Perlu dicatat bahwa pasien dengan LES memiliki peningkatan risiko untuk mengidap cancer. Risiko cancer paling sering adalah untuk jenis cancer darah seperti leukemia dan limfoma, tetapi juga meningkat untuk cancer payudara (breast cancer). Risiko ini mungkin berkaitan, sebagian, dengan perubahan sistem kekebalan tubuh yang merupakan karakteristik dari LES.
Menurut laporan terbaru, wanita dengan LES tampaknya mengalami peningkatan risiko terkena penyakit jantung (penyakit arteri koroner). Wanita dengan LES harus dievaluasi dan berkonsultasi untuk meminimalkan faktor risiko terkena penyakit jantung, seperti peningkatan kolesterol darah, berhenti merokok, hipertensi dan obesitas.
DHEA (dehydroepiandrosterone) bisa membantu dalam mengurangi kelelahan, memperbaiki kesulitan berpikir, dan meningkatkan kualitas hidup pasien dengan LES. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa DHEA telah terbukti dapat memperbaiki atau menstabilkan tanda-tanda dan gejala-gejala LES. DHEA juga biasanya tersedia di toko makanan kesehatan, apotek dan toko-toko bahan makanan lainnya.
Peta penelitian telah menunjukkan dengan jelas bahwa kontrasepsi oral tidak meningkatkan flare lupus eritematosus sistemik. Temuan penting ini adalah berlawanan dengan apa telah terpikir selama bertahun-tahun. Sekarang kita dapat meyakinkan wanita dengan lupus bahwa jika mereka minumpil kontrol kehamilan, mereka tidak meningkatkan risiko terjadia flares lupus. Catatan: pil control kehamilan atau pengobatan estrogen apapun harus tetap dihindari oleh wanita yang memiliki peningkatan risiko pembekuan darah, seperti wanita dengan lupus yang memiliki antibodi fosfolipid (termasuk antikoagulan antibodi dan lupus cardiolipin).
Individu dengan LES dapat meningkatkan prognosis mereka dengan belajar tentang berbagai aspek penyakit ini serta memantau kesehatan mereka sendiri dengan dokter mereka
ARTIKEL LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES)






Bagian 6 - Bagaimana lupus eritematosus sistemik dapat mempengaruhi kehamilan atau sang bayi? Bagaimana masa depan penderita dengan sistemik lupus?

No comments:

Post a Comment