Thursday, May 21, 2020

BEGINI CARA JOKOWI

BEGINI CARA JOKOWI SKAKMAT JK : TELAK & ELEGAN !

Jusuf Kalla (JK) pernah menjadi wakil Jokowi. Menjadi orang nomor duanya Jokowi dalam memimpin negara ini. Sekilas nampaknya JK adalah teman baik bagi Jokowi. Namun, nyatanya, justru seperti “musuh dalam selimut”. 

Sekarang, dalam kondisi wabah Corona, makin nampak saja bahwa JK berdiri di pihak oposan bagi Jokowi. Dan saya kira Presiden Jokowi sangat menyadari hal itu.

Sejak awal Corona masuk ke Indonesia, JK sudah jelas berada di seberang Jokowi. Banyak sekali terlontar kritik terhadap cara pemerintahan Jokowi menangani wabah Corona. Sebagai mantan wakil presiden bagi 2 Presiden RI, tentu JK sangat pede bahwa pernyataannya akan sangat didengar dan berarti bagi publik. Dari disebut oleh JK serba tanggung, sampai disebut lamban dan kurang tegas. Usulan2 yang dilontarkan JK pun berseberangan dengan kebijakan Jokowi. Seperti usulan MENCETAK UANG hingga implementasi LOCKDOWN.

Tapi sejauh ini, tidak pernah sekalipun Jokowi “menyerah” pada JK. Dalam arti secara diketahui publik meminta nasehat atau pertimbangan pada JK soal penanganan Corona. Ucapan2 JK pun tidak pernah disinggung oleh Jokowi. Mungkin karena ini, JK jadi makin “ganas” mengkritik Jokowi.

 Bahkan JK sampai mengeluarkan pernyataan yang terkesan jadi sentimen anti-China. Pada Rabu (13/5), JK berkunjung ke kantor Lembaga Eijkman, yang bekerja sama dengan PMI, yang diketuai oleh JK. Ya, orang2 dia juga. Disana terbitlah pernyataan JK, "Indonesia harus punya kontribusi terhadap dunia dalam bidang sains untuk penanganan corona. Jangan seperti selama ini, apa2 minta dari China."

Lalu JK mengeluarkan lagi kritik terhadap info hoaks yang dihembuskan oleh pihak2 tertentu, soal pelonggaran PSBB. Kan lucu ya, jelas2 sudah ditegaskan oleh Presiden Jokowi bahwa pemerintah tidak melonggarkan PSBB. Eh, JK malah sok mengkritik dan mewanti2 agar pemerintah jangan coba2 melonggarkan PSBB. Maksudnya apa? Menyebarkan hoaks gitu?

JK juga mempermasalahkan pernyataan Jokowi soal berdamai dengan virus Corona. Padahal WHO pun beberapa waktu kemudian mengeluarkan pernyataan serupa. Ya, kita paham lah maksud dan logikanya. Virus itu sulit untuk dihilangkan. Jadi tinggal kita sebagai manusia yang berpikir dan bernalar ini yang menyesuaikan diri. Selama belum ada vaksin, ya kita ngikutin aja protokol kesehatan. Buat jaga diri sendiri kok. JK malah menanyakan hal yang koplak, kalau virusnya tidak mau berdamai bagaimana? Ya, monggo silakan tanya ke virusnya sana.

Cwapek dweeech 

Lalu bagaimana dengan reaksi Presiden Jokowi terhadap berbagai pernyataan dan kritikan aneh JK ini? Kita paham lah bahwa Jokowi bukan orang yang frontal. Langkah caturnya unik. Kalaupun menyasar ke satu orang, beliau tidak akan langsung menyebut namanya. Ya itu betul.

Menyebut nama, sama dengan mengangkat orang itu ke permukaan. Sama dengan menyamakan level dengan orang itu. Padahal kan nggak level lah  Kedua, balasan dari seorang Jokowi bukan hanya balasan dalam omongan semata. Presiden Jokowi membalas kritikan dengan kerja nyata. Karena hasil kerja nyata itu sangat telak dalam membalas kritikan, terlebih tudingan2 kosong dari barisan sakit hati.

Jadi apa balasan telak Jokowi terhadap JK? 

Hari ini, tanggal 20 Mei 2020, masih ingat hari apa? Adalah Hari Kebangkitan Nasional. Hari ini Presiden Jokowi meluncurkan produk2 riset untuk percepatan penanganan Covid-19. "Saat ini dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah COVID-19 dan kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya2 nyata yang konkret dan ini adalah momentum baru… 

Ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa, ini adalah momentum baru kebangkitan bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan,” kata Presiden Jokowi dalam kata sambutannya. 

Apa kata JK sebelumnya? 

Jangan apa2 minta dari China. Ya khan? Siapa yang minta dari China? Yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi hari ini adalah produk karya anak bangsa Indonesia. Makjleb gk ? Nyaho tuch aki2 julid 

Ada 9 produk riset yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi. 

https://jatimtimes.com/baca/215198/20200520/132100/presiden-jokowi-luncurkan-9-produk-riset-untuk-penanganan-covid-19

https://news.detik.com/berita/d-5022078/diluncurkan-jokowi-ini-9-produk-riset-untuk-penanganan-covid-19/2

1. Dari PCR Test Kit Covid-19, 

2. Rapid Diagnostics Test IgG/IgM Covid-19, 

3. Emergency Ventilator #BPPT3S,

4. Imunomodulator Herbal Asli Indonesia, 

5. Plasma Convalesence,

6. Mobile Lab BSL-2, 

7. Sistem AI untuk deteksi Covid-19, 

8. Medical Assistant Robot Raisa 

9. dan Autonomous UVC Mobile Robot, hingga Powered Air Purifying Respirator.

Elegan khan caranya? Tapi menohok dan telak kan? 

Dan yang menikmati hasilnya adalah rakyat, terutama para pasien yang terinfeksi Covid-19. Kemudian juga menjadi penambah semangat bagi rakyat dan menjadi kebanggaan Indonesia di dunia internasional. Elegan dan bermartabat, serta mengangkat nama bangsa.

Aki JK mau bilang apa lagi? 

https://s.id/iaa0l

#NinaNoor #DejaVu


No comments:

Post a Comment