Wednesday, May 6, 2020

COVID-19 BUKAN BERASAL DARI WUHAN

COVID-19 BUKAN BERASAL DARI WUHAN - BEBERAPA SUMBER

#1. Wapres Taiwan Ragu Asal Virus Corona dari Pasar Wuhan, Kenapa? 

TEMPO.COJakarta - Pasien nol, sumber pandemi virus corona Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 150.000 orang di seluruh dunia, mungkin tidak akan pernah ditemukan, menurut wakil presiden Taiwan yang juga seorang ahli epidemiologi terkenal.

Dalam sebuah wawancara dengan Sunday Telegraph, Sabtu, 18 April 2020, tentang bagaimana cara mengalahkan Covid-19, Wakil Presiden Chen Chien-jen mengatakan keraguan kuat pada kepercayaan umum bahwa pasar makanan laut Huanan di kota Wuhan Cina adalah sumber virus.

“Jika kita melihat 42 kasus pertama yang diterbitkan dalam jurnal akademik, sekitar sepuluh tidak memiliki sejarah pergi ke sana. Ini adalah petunjuk yang sangat penting bahwa pasar itu mungkin bukan asal dari infeksi ini,” katanya.

“Ketika kami mencoba melacak kembali ke indeks kasus, itu sangat sulit. Jika kasus itu memiliki penyakit ringan, Anda tidak akan pernah menemukannya.”

Mengidentifikasi pasien nol adalah penting tidak hanya untuk pencegahan pandemi di masa depan tetapi juga secara politis. Asal usul Covid-19 telah menyebabkan percekcokan diplomatik antara AS dan Cina ketika Beijing berupaya mengalihkan kesalahan dan tanggung jawab atas bencana global.

Link:

https://tekno.tempo.co/read/1333105/wapres-taiwan-ragu-asal-virus-corona-dari-pasar-wuhan-kenapa/full&view=ok

#2. Wabah Coronavirus di Perancis tidak langsung datang dari China Kata Para Ahli Tracking Genetika

Coronavirus outbreak in France did not come directly from China, gene-tracing scientists say

·    Researchers conclude that the virus was circulating undetected in France in February

·    Findings highlight the difficulties governments face in tracing the source of coronavirus outbreaks

·    The coronavirus outbreak in France was not caused by cases imported from China, but from a locally circulating strain of unknown origin, according to a new study by French scientists at the Institut Pasteur in Paris.

·    Genetic analysis showed that the dominant types of the viral strains in France belonged to a clade – or group with a common ancestor – that did not come from China or Italy, the earliest hotspot in Europe

“    The French outbreak has been mainly seeded by one or several variants of this clade … we can infer that the virus was silently circulating in France in February,” said researchers led by Dr Sylvie van der Werf and Etienne Simon-Loriere in a non-peer reviewed paper released on bioRxiv.org last week

     The Covid-19 pandemic has infected more than 128,000 people in France and caused more than 23,000 deaths.

     France detected the virus in late January, before any other country in Europe. A few patients with a travel history that included China’s Hubei province were sampled on January 24 and tested positive.

Link: https://www.scmp.com/news/china/science/article/3081959/coronavirus-outbreak-france-did-not-come-directly-china-gene

#3. Bantah Trump, Ahli Virus AS Sebut COVID-19 Bukan Buatan Lab China

WASHINGTON - Pakar gugus tugas virus Corona Amerika Serikat (AS), Dr Anthony Fauci, menolak teori yang menyatakan virus Corona baru berasal dari laboratorium di Wuhan, China. Pernyataan ini bertentangan dengan Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar AS Mike Pompeo.

"Bukti terbaik menunjukkan virus di balik pandemi itu tidak dibuat di laboratorium di China," kata Dr. Anthony Fauci dalam wawancara eksklusif dengan National Geographic yang diterbitkan pada Senin kemarin.

"Segala sesuatu tentang evolusi bertahap dari waktu ke waktu sangat menunjukkan bahwa (virus ini) berevolusi di alam dan kemudian melompat spesies," imbuhnya seperti dilansir dari Newsweek, Selasa (5/5/2020).

Ia menambahkan bahwa ia tidak percaya teori alternatif bahwa seseorang menemukan virus Corona di alam liar, membawanya ke laboratorium dan kemudian secara tidak sengaja melepaskannya ke publik.

Link

https://international.sindonews.com/read/18107/42/bantah-trump-ahli-virus-as-sebut-covid-19-bukan-buatan-lab-china-1588669527

#4. WHO: AS Tak Beri Bukti COVID-19 Berasal dari Laboratorium Wuhan

JENEWA - WHO mengatakan Washington tidak memberikan bukti yang mendukung klaim spekulatif Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa virus corona baru (COVID-19) berasal dari laboratorium di Wuhan, China.
"Kami belum menerima data atau bukti spesifik dari pemerintah Amerika Serikat yang berkaitan dengan asal-usul virus, jadi dari sudut pandang kami, ini tetap spekulatif," kata Direktur Kedaruratan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) Michael Ryan dalam pengarahan singkat di Jenewa, Senin.

Para ilmuwan meyakini virus yang muncul di China pada Desember 2019 itu bertransmisi dari hewan ke manusia, dan kemungkinan berasal dari pasar di Wuhan yang menjual hewan eksotik untuk daging yang dikonsumsi manusia.

Namun Presiden Trump, yang semakin kritis terhadap pananganan pertama wabah COVID-19 oleh China, mengklaim memiliki bukti bahwa virus itu berasal dari laboratorium di Wuhan.

Link:

https://international.sindonews.com/read/17483/41/who-as-tak-beri-bukti-covid-19-berasal-dari-laboratorium-wuhan-1588644305

#5. Menteri Kesehatan Canada membeberkan hasil penelitian kasus kasus di Canada. 

Ternyata perkiraan umum selama ini salah, kasus kasus Covid-19 awal Canada yang merebak berasal dari AMERIKA, bukan Tiongkok.

Tak heran 2 propinsi yang paling parah adalah Quebec & Ontario.

Pelan pelan dari seluruh dunia hasil hasil penelitian mulai menunjukkan hal yang menarik, asal infeksi ternyata bukan dari Tiongkok. Minggu lalu info Perancis, lalu Jepang, sekarang Canada.

Teori teori konspirasi kalah dengan penelitian sains.

Link

https://nationalpost.com/news/politics/canadas-early-covid-19-cases-came-from-the-u-s-not-china-provincial-data-shows


No comments:

Post a Comment