Sunday, May 10, 2020

KURSUS BAHASA INGGRIS GRATIS

Putra sulung orang nomor satu di Indonesia, Gibran Rakabuming Raka buka kursus bahasa Inggris bagi ribuan siswa yang kurang mampu secara gratis di banyak tempat. Tujuannya hanya satu: "Agar para siswa Indonesia lebih siap menghadapi persaingan global."

Hal ini dilakukannya tanpa konferensi pers atau gembar gembor, tapi sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, tepatnya sebelum sang ayahandanya menjadi Presiden Indonesia ke-7. Nampaknya ini yang namanya "Bahasa Inggris untuk memberikan manfaat serta kecerdasan bagi banyak wong cilik."

"Cilipari English Program," adalah "Program Pengabdian" dari seorang putra sulung presiden Indonesia, Gibran Rakabuming Raka untuk memberikan kursus gratis bahasa Inggris bagi para siswa SD, SMP dan SMA se Solo Raya, yang meliputi Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Boyolali dan Klaten.

Di awal berdirinya, Cilipari English Program memanfaatkan para relawan di Solo yang disebar untuk mencari tempat atau rumah penduduk di seluruh Solo Raya. Tempat atau rumah tersebut disewa oleh Gibran untuk tempat-tempat kursus bahasa Engris. Tentu saja dengan pengadaan dan perekrutan para Guru Les Privatnya.

Persyaratan tempat atau rumah yang digunakan untuk kursus tidak boleh milik ASN, TNI-Polri, Aparat Desa, Pejabat Negara (Hakim-Jaksa), Pengacara, Anggota Dewan dan Simpatisan Parpol. Bahkan rumah seorang pensiunan ASN dan Kyai-Ustadz, Pendeta serta anggota LSM pun tidak diperbolehkan. Semua harus bebas dari kepentingan politik praktis dan pencitraan lainnya.

Adapun rumah dan tempat yang disarankan yaitu rumah para petani, pedagang, pekerja lepas bahkan rumah pemulung asal memenuhi syarat bisa digunakan. Uniknya tempat atau rumah-rumah tersebut yang menyeleksi langsung adalah sang ayahanda Pak Jokowi.

Seperti yang dikisahkan salah satu relawan yang pernah terlibat langsung melakukan pendataan dan survey tempat atau rumah tersebut, banyak rumah dan tempat yang sebenarnya sangat layak tapi karena ada hubungannya dengan ASN dan kepentingan lain terpaksa ditolak oleh Gibran.

Bahkan saat survey banyak warga masyarakat yang mempersilahkan rumah pribadinya untuk digunakan sebagai tempat kursus. Tidak perlu disewa dan gratis selamanya. Tapi karena milik seorang Kyai dan anggota LSM akhirnya ditolak juga. Itulah kehati-hatian Pak Jokowi dan puteranya Gibran Rakabuming Raka yang tidak mau 'Aji Mumpung' memanfaatkan jabatannya demi sebuah pencitraan diri, dan semua harus terbebas dari kepentingan atau yang bermuatan politik.

Adapun Cilipari English Program sendiri diprogram untuk mendialekkan Bahasa Inggris dengan Kultur Lokal, yakni dialeknya orang Jawa. Cilipari English Program tidak disetting pakai dialek Anglo Saxon-USA ataupun model British. Bahasa Inggrisnya unik, yaitu bahasa Inggris dialeknya orang Jawa. Dan, itulah dialek bahasa Inggrisnya Pak Jokowi, yang dialek

Inggrisnya medok Jawa. Namun yang lebih utama adalah bertujuan agar siswa bisa menguasai dulu. Ada pun untuk aksentuasi nantinya akan menyesuaikan pada diri pelajar saat mengembangkan diri.

"Jadi bahasa Inggris itu bukan untuk pameran, atau trik politik yang bikin menggelitik. Apalagi untuk sombong-sombongan dari orang yang belum berbuat apa-apa bagi bangsanya."

Salam baper nasional

Wahyu Sutono

No comments:

Post a Comment