Tuesday, November 5, 2013

APA BEE POLLEN ITU?

TENTANG BEE POLLEN, SUMBER KESEHATAN DARI ALAM


Apakah pollen itu? Pollen atau pollen adalah bagian dari tumbuh-tumbuhan yang memainkan peran penting dalam budidaya tumbuh-tumbuhan. Pollen berbentuk bubuk yang halus sampai bentuk yang kasar. Pollen berisi gametopita yang menghasilkan gamet jantan atau sel-sel sperma tumbuhan. Sebagai bagian yang amat halus dan penting dari tanaman, biji-bijian pollen memiliki semacam sarung yang keras untuk melindungi sel sperma di dalamnya.

Apa peran pollen? Bagian reproduksi tumbuhan yang menghasilkan pollen disebut benang sari dan terletak pada bunga sebuah tanaman. Benang sari biasanya terdiri dari filamen dan antera (Eng; anther = bagian dari benang sari yang memproduksi dan melepas pollen). Bagian bunga betina disebut putik yang menghasilkan ovula. Dan jika sel-sel sperma dalam pollen bertemu dengan ovula maka terjadilah bibit tanaman. Biji-biji pollen sangat kecil dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Pollen cukup dikenal sebagai penyebab alergi. Beberapa jenis pollen terutama yang berukuran sangat kecil dan ringan serta yang mudah disebarkan oleh angin sepoi-sepoi adalah jenis pollen yang menyebabkan alergi. Jenis pollen inilah yang bertanggung jawab atas terjadinya kasus pilek karena alergi (allergic rhinitis). Pilek karena alergi bisa disebabkan oleh pollen tumbuhan yang berbeda pada musim yang berbeda. Artinya, allergic rhinitis pada awal musim semi bisa disebabkan oleh tumbuhan yang berbeda dengan allergic rhinitis pada akhir musim semi atau awal musim panas.

Apa komposisi pollen? Tidak seperti pollen yang kecil dan ringan, maka pollen yang lebih besar dan seperti lilinlah yang dibawa oleh lebah untuk penyebaran dan tanaman budidaya serta memiliki nilai-nilai manfaat bagi kesehatan manusia. Pollen jenis ini berfungsi sebagai multivitamin alami yang terdiri dari vitamin, mineral, asam amino dan protein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pollen lebah (bee pollen) mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, E dan K, besi, sodium, magnesium, seng dan tembaga. Pollen lebah memiliki sekitar 22 asam amino dengan lesitin dan fenilalanin sebagai jenis yang paling penting untuk penurunan dan pengontrol berat badan.

Karena kelengkapan komposisi dan manfaat pollen bagi kita, maka bee pollen telah menjadi suplemen paling cocok yang berkhasiat baik untuk hampir semua sistem tubuh dan sangat mempengaruhi tubuh kita dengan cara yang positif. Minum kapsul suplemen bee pollen secara teratur setiap hari pasti akan memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi kesehatan anda

Jakarta, 5 November 2013
© Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment