Saturday, November 16, 2013

7 PENYAKIT YANG DAPAT DIHINDARI DENGAN BERJALAN KAKI

7 PENYAKIT YANG DAPAT DIHINDARI DENGAN BERJALAN KAKI

Jika selama ini anda malas untuk jalan kaki, maka pikirkanlah kembali. Menurut sebuah penelitian berjalan cepat (bukan jalan santai) bisa membantu pencegahan delapan jenis penyakit. Berikut 7 jenis penyakit yang bisa dihindari dengan olahraga sederhana yang bertumpu pada aktifitas kaki kita:
#1 – SERANGAN JANTUNG – Berjalan kaki dengan cepat mampu untuk mengalirkan darah ke dalam otot jantung dengan lebih lancar. Karena dengan sering jalan kaki.pembentukan LDL, yaitu jenis kolesterol jahat akan berkurang sehingga menghindari terjadinya penyempitan pembuluh darah koroner yang memasok darah ke jantung dam menjamin pasokan yang cukup. Sebaliknya, HDL, jenis kolesterol yang baik akan lebih banyak dibentuk
#2 – STROKE – Sebuah penelitianyang dilakukan pada 70.000 karyawan yang dalam bekerja tercata melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, ternyata terjadi penurunan resiko untuk terserang stroke hingga dua pertiga-nya.
#3 – OBESITAS – Atau kegemukan, kelebihan berat badan, over-weight dapat dihindari dengan berjalan kaki, karena akan terjadi pembakaran lemak yang masuk kedalam tubuh, sehingga berat badan akan stabil.
Dan selain itu, berjalan cepat dapat menurunkan berat badan yang sudah berlebihan. Dikarenakan kegiatan ini juga akan membakar kelebihan kalori yang sudah tersimpan dalam bentuk lemak tubuh yang merupakan penyebab kegemukan, sehingga badan menjadi lebih langsing. Untuk melangsingkan badan lakukan berjalan cepat secara rutin selama 1 jam.
#4 – CANCER – Berjalan cepat berdampak juga kepada sistim pencernaan kita, di mana gerakan peristaltik usus akan menjadi lebih lancar sehingga aktifitas buang air besar juga akan lebih tertib dan terdisiplin. Gerakan usus yang aktif dan tertib dapat menurunkan kemungkinan terkena cancer usus. Cancer lain yang dapat diturunkan resikonya dengan berjalan adalah cancer payudara (breast cancer)
#5 – OESTEOPOROSIS – Pencegahan osteoporosis tidaklah cukup dengan hanya mengkonsumsi vitamin D dan mineral Kalsium yang banyak secara rutin, namun harus disertai dengan olah tubuh di bawah sinar matahari selama minimal 15 menit. Cara terbaik dan terekonomis adalah dengan berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi.
#6 -  DIABETES MELLITUS – Berjalan kaki secara rutin, mampu mencegah berkembangnya diabetes khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk. Yang penting adalah menjaga kestabilan kadar gula darah kita dan menghindari terjadinya kenaikan gula darah. Lakukan berjalan kaki ini untuk terus menjaga kebugaran dan mencegah berkembangnya diabetes.  
#7 – DEPRESI – Percayalah bahwa berjala kaki dengan cepat dapat mengindari kita dari depresi. Maka rajin-rajinlah melakukannya. Bila anda merasa galau, sedih dan tertekan, segeralah berjalan kaki secara rutin, anda akan menjadi semangat dan merasa segar kembali.
Nah, itu 7 penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat dihindari dengan HANYA BERJALAN KAKI SECARA RUTIN …. Bayangkan bukan hanya sekali merengkuh dayung dua tiga pula terlampaui…. Tapi sekali merengkuh, tujuh pulau terlampaui …. Hebat sekali kegiatan olah raga yang sederhana ini, gratis lagi …..
Semoga bermanfaat
Jakarta, 11 November 2013
Wassalam © Mimuk Bambang Irawan

1 comment:

  1. Terima kasih Mas atas keterangannya. Untuk menyibukkan diri dan dalam usaha mengurangi obat-obatan buatan pabrik, akan mencoba utk menjalankannya secara teratur.

    ReplyDelete