Tuesday, November 5, 2013

KHASIAT KESEHATAN ROYAL JELLY

KHASIAT KESEHATAN ROYAL JELLY


Terima kasih kepada para peneliti Jepang yang telah mampu melakukan studi yang berhasil tentang manfaat royal jelly dan membuktikan bahwa royal jelly memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Tapi sebelum kita membahas tentang manfaat royal jelly ini, mari kita mulai dengan pengantar singkat royal jelly.

Royal jelly adalah zat berbentuk seperti agar-agar yang berwarna putih susu. Royal jelly sebetulnya adalah sekresi kelenjar ludah para lebah pekerja. Air liur dari lebah pekerja ini digunakan sebagai pakan ratu larva lebah yang akan tumbuh dan berubah menjadi ratu lebah kelak. Royal jelly ini adalah suatu zat tinggi protein, yang dinamakan royalisin, suatu zat yang menjadikan royal jelly berkhasiat sebagai antibakteri terhadap bakteri gram-positif seperti spesies staphylococcus dan streptococcus.

Khasiat unggul royal jelly lainnya adalah sifatnya sebagai anti tumor. Manfaat royal jelly yang ini diumumkan oleh para peneliti Jepang yang melaporkan bahwa dalam percobaan laboratorium mereka, royal jelly telah menunjukkan dampak yang besar pada sel-sel sarkoma (ganas) yang ditanamkan pada tikus. Namun royal jelly tidak menunjukkan pengaruh pada tikus yang ditanami dengan sel-sel leukemia.

Dalam kenyataannya manfaat royal jelly dapat mengatasi sekitar 30 penyakit dan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh senyawa kimia unggulan yang mampu memberikan efek total bagi perbaikan kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Royal jelly terdiri dari karbohidrat (12% – 15%), lemak (5% - 6%), protein (12%), 17 jenis asam amino esensial, asam aspartat (15%). Royal jelly juga kaya akan berbagai vitamin esensial.

Royal jelly bermanfaat karena khasiat antidepresannya yang bekerja baik pada pasien dengan gangguan depresif maniak seperti perasaan kesedihan mendalam, ketakutan dan kesedihan. Mengkonsumsi sejumlah royal jelly terbukti telah membantu orang dengan gangguan emosi seperti yang sering ditemukan selama menopause, masa remaja, kesedihan, pensiun dan ketika menghadapi ujian. Dengan fungsi sebagai penambah energi, kondisi tersebut dapat memulihkan kondisi di atas dengan lebih mudah dan cepat.

Manfaat royal jelly lain berkaitan dengan kesuburan. Hal ini diyakini meskipun tidak didukung oleh penelitian formal bahwa lebah royal jelly dapat meningkatkan potensi pria dan mempercepat induksi konsepsi pada wanita. Beberapa penjelasan tentang ini adalah bahwa royal jelly memiliki beberapa efek hormon yang mempengaruhi kesuburan pada pria maupun wanita.

Akhirnya, manfaat royal jelly yang sering kita dengar adalah dalam kaitannya dengan perawatan kulit. Royal jelly memiliki kemampuan untuk meremajakan kulit melalui membalikkan proses penuaan kulit. Dalam kenyataannya royal jelly sering ditemukan dalam produk kosmetik kulit untuk menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat dan kutil.

Tapi perlu diketahui bahwa begitu banyak manfaat yang diberikan oleh royal jelly tidak menjadikan royal jelly tidak mengandung bahaya, karena di sisi lain royal jelly dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius. Maka penggunaan produk royal jelly harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika anda menderita penyakit yang berbasis alergi seperti asma, hay fever dan kondisi yang cenderung mudah terserang alergi.

Semoga bermanfaat

Jakarta, 5 November 2013
By © Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment