Tuesday, May 20, 2014

7 KHASIAT KESEHATAN KUNING TELUR

7 KHASIAT KESEHATAN KUNING TELUR


Kuning telur sering dijauhi karena dianggap tidak sehat, mengandung kolesterol kadar tinggi dan membuat kita menjadi gemuk. Meskipun kuning telur tidak lebih sehat dari bagian putih telur, namun kuning telur tetap memiliki khasiat yang menyehatkan. Mari kita lihat …

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kuning telur banyak mengandung kolesterol yang dapat membahayakan jantung. Tapi ada pula yang berpendapat bahwa dampak kolesterol akan tidak seberapa bila dikonsumsi dalam jumlah normal dan oleh orang yang sehat.

Jika dibandingkan dengan putih telur, kuning telur memang tidak lebih sehat. Bagian putih telur mengandung semua protein yang disebut albumin yang mana protein ini sehat bagi jantung.

Namun kuning telur juga memiliki manfaat kesehatan. Kuning telur adalah makanan bagi embrio ayam atau bebek, karena kuning telur kaya akan nutrisi penting bagi pertumbuhan sel. Itulah sebabnya dikatakan bahwa meskipun kuning telur berbahaya bagi kesehatan, tapi masih tetap mengandung manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan kuning telur bila dikonsumsi secara normal dan tidak berlebihan sebagaimana dilansir oleh Boldsky beberapa waktu yang lalu.

#1 -  Meningkatkan testoteron

Kuning telur mangandung seng (Zn) yang terkonsentrasi. Seng adalah trace-mineral yang tidak mudah dijumpai pada bahan makanan lain. Jadi makan kuning telur dapat membantu para pria untuk meningkatkan hormone laki-lakinya alias testoteron.

#2 – Mencegah penggumpalan darah

Selama ini anda mungkin hanya mendengar bahwa kuning telur berbahaya bagi kesehatan. Namun protein dalam kuning telur ternyata memiliki khasiat untuk memperlambat pembentukan gumpalan darah dalam pembuluh darah sehingga ikut membantu pencegahan terjadinya thrombus dan emboli dalam darah.

#3 – Anti peradangan

Kuning telur mangandung kolin yang merupakan zat anti-radang. Ini berarti orang yang memiliki rasa sakit atau penyakit peradangan seperti arthritis dan osteoporosis dapat mengkonsumsi kuning telur untuk mengurangi rasa sakit

#4 – Bagus untuk mata

Bagian kuning telur sangat baik untuk mata, khususnya mata anak-anak yang sedang tumbuh kembang karena kandungan beta-karotennya. Kuning telur membantu mata berfungsi dengan baik dan bahkan mempertajam penglihatan.

#5 -  Sumber Vitamin B12

Kuning telur merupakan sumber vitamin B12 yang paling terkenal. Vitamin ini sangat penting untuk kelancaran fungsi sistim saraf.

#6 – Mencegah degenerasi otot

Ini merupakan salah satu manfaat kesehatan utama dari kuning telur, yakni menghentikan degenerasi (penuaan) otot. Kandungan nutrisi dalam kuning telur membantu melanggengkan fungsi otot untuk berkontraksi dan relaksasi.

#7 – Kaya zat Besi (Fe)

Kuning telur kaya akan zat besi sehingga sangat bagus untuk wanita hamil. Wanita hamil memiliki kecenderungan untuk mengalami anemia di mana jumlah zat hemoglobin dalam sel darah merah mengalami penurunan. Jadi mengkonsumsi sebutir telur sehari bagi wanita hamil bisa membantu pencegahan terjadiya anemia.

Itulah beberapa manfaat kuning telur. Namun, pasien dengan sakit jantung, hipertensi atau memiliki kadar trigliserida yang tinggi sebaiknya mengindari mengkonsumsi kuning telur atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bila ingin mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 20 Mei 2014  

No comments:

Post a Comment