Tuesday, May 13, 2014

SERI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK – Bagian 1

SERI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK – Bagian 1

PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN SEKS
Development and Sexual Education

Pendidikan seks adalah sebuah proses seumur hidup guna memperoleh informasi dan pembentukan sikap, keyakinan, dan nilai-nilai tentang masalah penting seperti misalnya identitas, hubungan, dan keintiman. Orang tua sering mempertanyakan bilakah pendidikan seks harus mulai diperkenalkan, atau siapa yang kiranya bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak tentang seksualitas

Berikut ini adalah tahapan perkembangan dan pendidikan seks yang dimulai sejak bayi sampai masa remaja:

MASA BAYI DAN BALITA – Anak-anak belajar tentang seksualitas mereka dimulai pada usia ini, dan para orang tua merupakan guru-guru utama mereka. Pada tahap ini amat penting untuk menyebut nama semua bagian tubuh, supaya mengajarkan pada anak-anak bahwasanya seluruh tubuhnya sehat dan alami. Selain itu, berbicara dengan anak anda dan menjawab kebutuhan mereka pada usia dini akan meletakkan dasar bagi kepercayaan dan diskusi terbuka saat mereka tumbuh lebih dewasa.

MASA PRA-SEKOLAH -  Pada masa ini anak sangat ingin tahu tentang tubuh mereka sendiri dan orang-orang lain. Mereka mencoba melakukan peran dan perilaku dan sampai meniru orang dewasa seperti misalnya bermain dokter, perkawinan atau memeluk dan berciuman. Kombinasi antara keingin-tahuan alami dan memainkan peran kadang-kadang menjurus kepada bermain seks masa kanak-kanak. Ini dapat menjurus kepada penyentuhan, dan mereka menemukan bahwa bersentuhan seperti itu terasa nikmat. Dengan kata lain, jenis bermain seperti ini memang diharapkan akan terjadi di antara anak-anak pra-sekolah namun tidak berbahaya. Walaupun begitu, pada usia ini penting untuk mengajar kepada anak-anak bahwa tubuh mereka adalah milik mereka dan bahwa tidak ada yang mempunyai hak untuk menyentuh mereka tanpa izin. Selain itu, mengajar anak untuk mengatakan “TIDAK”  jika mereka merasa tidak nyaman dan mengajarkan untuk berbicara hanya dengan seorang dewasa yang terpercaya jika mereka membutuhkan bantuan. Hal ini diajarkan untuk menyiapkan mereka jika mereka dihadapkan pada situasi yang membuat mereka merasa tidak aman..

PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA MUDA – Anak usia muda mampu memahami isu-isu yang lebih kompleks tentang kesehatan, penyakit dan seksualitas. Orangtua sering menemukan bahwa anak-anak mereka tertarik pada kelahiran, keluarga dan kematian dan akan sering mengungkap pertanyaan, kekhawatiran atau keperdulian. Dengan menciptakan sebuah rumah-tangga di mana seorang anak bisa merasa bebas untuk bertanya tentang tubuh, kesehatan dan seksualitas mereka, anak-anak akan belajar bahwa rumah mereka adalah lingkungan yang mendukung dan bahwa mereka akan bisa mendekati orang tua mereka di masa depan. Pada tahap ini, anak-anak dapat diberikan informasi dasar dan akan dipahami paling baik bila informasi didasarkan pada contoh-contoh konkret dalam kehidupan mereka.

PENDIDIKAN SEKS UNTUK USIA PRA-REMAJA - Anak-anak pada usia ini akan melalui semua perubahan di masa pubertas. Sering mereka sangat perduli tentang keadaan tubuh mereka, tampilan mereka dan apa yang disebut “normal”. Anak akan mendapat banyak tekanan sosial pada usia ini, oleh karena itu anak-anak membutuhkan bimbingan anda dalam membuat keputusan yang baik tentang hubungan pertemanan, berkomunikasi tentang batas seksual dan melindungi diri mereka dari situasi yang tidak aman.

PENDIDIKAN SEKS UNTUK REMAJA – Para remaja sering sangat ingin tahu tentang seks. Pada tahap ini, sangat penting bahwa mereka telah diajarkan informasi dasar dan akurat, termasuk apa yang dimaksud dengan hubungan seksual, homoseksualitas, konsekuensi negatif dari seks, dan informasi tentang perlindungan.

Semoga bermanfaat

Wassalam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 14 Mei 2014

Sumber: SEX EDUCATIOAN - http://childpsychologist.com.au/resources/by-issue/seks-education - Terjemah: Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment