Tuesday, May 13, 2014

SERI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK – Bagian 3

SERI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK – Bagian 3

TIPS TENTANG BAGAIMANA BERBICARA TENTANG SEX DENGAN ANAK ANDA

Ini ada beberapa tips yang kiranya dapat bermanfaat untuk membuka pembahasan yang efektif tentang berbagai masalah sex dan seksualitas dengan putra putri anda

  • Orangtua bertanggung jawab untuk memperkenalkan topik pendidikan seks sedikit demi sedikit, jangan menunggu anak anda untuk memulai percakapan.
  • Selidiki apa yang sudah diketahui anak-anak anda, misalnya bertanya, “Dari manalah kamu pikir seorang bayi berasal?” Perbaiki setiap informasi yang keliru dan berikan fakta yang sebenarnya tentang pendidikan seks.
  • Berikan imbalan kepada anak-anak anda untuk setiap pertanyaan yang diajukan tentang pendidikan seks daripada menghindari pokok pertanyaan. Ini akan memungkinkan anak-anak terus merasa nyaman untuk berbicara dengan anda mengenai masalah apapun, khususnya tentang pendidikan seks.
  • Jika anda tidak tahu jawaban atas pertanyaan tentang pendidikan seks, maka itu merupakankesempatan yang baik bagi anda dan anak anda untuk mencari jawabnya bersama-sama.
  • Tidaklah apa-apa bila anda merasa tidak nyaman, dan anda dapat menyatakan hal ini kepada anak anda. Sebagai contoh, “Saya merasa tidak terbiasa untuk berbicara tentang seks karena nenek tidak membicarakan hal itu kepada saya. Tapi saya pikir itu penting dan itu akan lebih mudah bila kita membahasnya bersama-sama”.
  • Carilah kesempatan mengajar yang timbul secara alami yang menyediakan saat yang tepat untuk berbicara tentang aspek seksualitas. Seperti saat suatu adegan pada acara TV atau film, atau jika anak remaja anda tengah bersiap-siap untuk sebuah latihan menari di sekolah. Saat-saat seperti itu akan memberi anda kesempatan untuk mejelaskan nilai-nilai dalam keluarga anda dan memberkan berbagai informasi tanpa harus duduk secara resmi untuk membahas tentang pendidikan seks
  • Fakta saja tidaklah cukup. Anak-anak perlu dididik tentang masalah reproduksi dan pubertas, namun mereka juga perlu mengetahui bagaimana nilai-nilai keluarga anda sendiri tentang pendidikan seks
  • Adalah pekerjaan kedua orang tua untuk mengajar anak-anak mereka tentang pendidikan seksualitas dan seks. Anak-anak perlu mendengar pandangan orang dewasa terhadap kedua jenis kelamin. Selain itu, hal ini mengajar anak-anak bahwa pria dan wanita dapat berbicara bersama-sama tentang seksualitas yang merupakan ketrampilan yang penting di masa dewasa.
  • Juga penting untuk tidak hanya berfokus pada konsekuensi negatif dari aktivitas seksual yang tidak dilindungi. Para remaja juga layak untuk tahu bahwa mengekspresikan perasaan seksual dengan cara yang bertanggung jawab dapat menjadi bagian yang penting dan bermanfaat dari suatu hubungan yang dewasa. Pastikan untuk berbagi nilai-nilai keluarga anda sendiri tentang seksualitas yang sehat dan bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 14 Mei 2014


Sumber: SEX EDUCATION - http://childpsychologist.com.au/resources/by-issue/sex-education - Transalated by: Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment