Tuesday, September 9, 2014

TETAP SEHAT DI ATAS USIA 50 TAHUN

TETAP SEHAT DI ATAS USIA 50 TAHUN


Tetap sehat dan merasakan hal-hal terbaik dalam kehidupan sangatlah penting bagi segala usia dan tidak akan berubah hanya karena uban di kepala kita semakin banyak. Ketika kita bertambah tua, kita mengalami peningkatan jumlah dari berbagai perubahan besar dalam hidup, termasuk perubahan karir dan pensiun, anak-anak yang meninggalkan rumah, kehilangan orang yang kita cintai, dan perubahan fisik. Bagaimana kita menangani dan tetap tumbuh dalam perubahan ini adalah kunci untuk tetap sehat. Berbagai kiat atau tips yang akan dibahas dalam beberapa artikel berikut ini dapat membantu anda menjaga kesehatan fisik dan emosional dan hidup sepenuhnya, berapapun usia anda.

Menemukan dan mengikuti rumus untuk tetap sehat di atas 50

Menyesuaikan diri dengan perubahan memang sulit, tidak peduli berapapun usia kita. Tantangan utama untuk orang dewasa di atas 50 adalah banyaknya perubahan dan peralihan yang mulai terjadi, termasuk anak-anak yang pindah dari rumah kita, kehilangan orang tua, teman, dan orang-orang lain yang kita cintai, perubahan atau akhir dari karir kita karena pensiun, penurunan kesehatan, dan bahkan hilangnya kebebasan diri dan kemandirian. Sangatlah wajar untuk merasa kehilangan seperti itu. Tetapi jika rasa kehilangan itu diseimbangkan dengan hal-hal yang positif, maka kita memiliki sebuah formula untuk tetap sehat ketika kita bertambah lanjut usia.

Menjadi tua dengan sehat berarti terus-menerus menemukan diri kita kembali saat kita melintasi batas-batas usia 60, 70, 80 dan seterusnya. Itu berarti menemukan hal-hal baru yang bisa kita nikmati, belajar untuk beradaptasi dengan perubahan, tetap aktif secara fisik dan sosial, dan merasa terhubung ke komunitas kita dan orang-orang terkasih. Sayangnya, bagi banyak orang, proses menjadi tua justru menjadi pangkal kecemasan dan ketakutan. Misalnya: Bagaimana aku akan mengurus diriku sendiri di hari-hari akhir masa hidupku? Bagaimana nasibku jika aku kehilangan pasangan hidupku? Apa yang akan terjadi dengan akal dan daya ingatku? Namun, sebenarnya banyak dari ketakutan ini berasal dari mitos tentang penuaan yang berlebihan oleh media atau memang tidak benar adanya. Yang benar adalah bahwa kita lebih kuat dan lebih tahan daripada yang kita bayangkan. Coba kita lihat mitos-mitos yang berkembang dalam masyarakat kita.
MITOS - MITOS SEPUTAR MENUA SECARA SEHAT
MITOS: MENUA BERARTI PENURUNAN KESEHATAN DAN ATAU MENGALAMI CACAT FISIK.
Fakta: Ada beberapa penyakit yang memang menjadi lebih umum terjadi saat kita menjadi tua. Namun, menjadi tua tidak otomatis berarti menurunnya kesehatan atau bahwa kita hanya bergerak terbatas pada walker atau kursi roda. Banyak orang menikmati kesehatan yang baik, dan bahkan sering kali lebih baik dibanding banyak orang yang lebih muda. Tindakan pencegahan seperti makan sehat, berolahraga, dan mengelola stres dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis atau cedera di kemudian hari dalam hidup.
MITOS: KEHILANGAN DAYA INGAT TAK TERHINDARKAN SAAT MENJADI TUA
Fakta: Ketika kita menjadi tua, kita mungkin akan menyadari bahwa mengingat hal-hal tidaklah semudah seperti di masa lalu, atau untuk mengingat kembali suatu kenangan masa lampau diperlukan waktu sedikit lebih lama. Namun, kehilangan memori secara signifikan bukanlah merupakan hasil yang tak terelakkan dari proses menua. Pelatihan otak dan pembelajaran sesuatu yang baru dapat terjadi pada setiap tingkat usia dan ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya ingat kita agar tetap tajam. Semakin cepat kita memulai, semakin cepat kita menuai keuntungan.
MITOS: ORANG TUA TIDAK BISA LAGI BELAJAR HAL-HAL BARU
Fakta: Salah satu mitos tentang proses menua yang bisa lebih merusak dan membuat galau ialah anggapan bahwa setelah usia tertentu, kita tidak akan dapat lagi mencoba sesuatu yang baru atau berkontribusi pada berbagai hal. Sebaliknyalah yang benar. Orang dewasa di usia pertengahan atau lebih tua memiki kemampuan yang sama untuk belajar hal baru dan berkembang di satu lingkungan baru, ditambah lagi dengan kebijaksanaan yang mereka miliki karena pengalaman hidup mereka. Jika kita percaya dan memiliki keyakinan pada diri sendiri, kita bisa mengatur lingkungan yang positif untuk perubahan, tidak peduli usia berapapun kita.
Jadi, tetaplah optimis dalam hidup ini. Jangan sampai anggapan-anggapan yang tidak berdasar meracuni semangat dan kebahagiaan hidup masa tua kita …. TETAP SEMANGAT DAN MENJADI BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN
Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 7 September 2014

No comments:

Post a Comment