Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #5 - BEROLAH RAGA DI USIA LANJUT

TIPS UNTUK LANSIA #5 - BEROLAH RAGA DI USIA LANJUT 


Banyak orang dewasa tidak berolah-raga ketika mereka semakin tua. Walaupun demikian, sebenarnya berolah-raga sangat penting untuk tetap sehat sepanjang hidup. Ini membantu anda mempertahankan kekuatan dan ketangkasan, memberikan dorongan bagi kesehatan mental anda, dan bahkan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang kronis. Apakah anda secara umum dalam keadaan sehat atau sedang berjuang melawan cedera, cacat atau masalah kesehatan yang berkelanjutan, olah raga teratur akan membantu Anda tetap sehat secara fisik dan mental dan meningkatkan kepercayaan diri dan pandangan hidup Anda.

  • Konsultasikan dengan dokter anda sebelum memulai program olah raga apapun. Cari tahu apakah ada kondisi kesehatan atau obat-obatan yang anda minum akan mempengaruhi jenis latihan yang ditentukan untuk anda.

  • Temukan kegiatan yang anda sukai dan yang memotivasi anda untuk terus berlanjut. Anda mungkin ingin latihan berkelompok, menyukai olahraga atau kelas olah raga tertentu, atau memilih jenis latihan lebih individualistis seperti berenang

  • Mulailah dengan lambat. Jika anda baru mulai dalam berolah raga, beberapa menit sehari merupakan awal yang baik untuk membangun kebiasaan sehat. Perlahan-lahan tingkatkan waktu dan intensitas secara bertahap untuk menghindari cedera.

  • Berjalan adalah cara yang sangat bagus untuk memulai berolahraga. Latihan olah raga tidak harus berarti aktivitas berat atau menghabiskan waktu di gym. Pada kenyataannya, berjalan adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit. Alasan terbaiknya ialah berjalan tidak membutuhkan peralatan atau pengalaman dan Anda dapat melakukannya di manapun.

Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 7 September 2014

No comments:

Post a Comment