Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #1 - MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERUBAHAN

TIPS UNTUK LANSIA #1 - MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERUBAHAN


Ketika usia anda melampaui 50, akan ada masa-masa penuh kegembiraan maupun saat-saat anda akan mengalami stres. Sangatlah penting untuk membangun ketahanan diri anda dan menemukan cara-cara sehat untuk mengatasi berbagai tantangan hidup. Kemampuan ini akan membantu anda untuk membangun masa hidup anda yang terbaik dan menjaga perspektif anda pada masa-masa sulit. Caranya:

  • Fokus pada hal-hal yang patut anda syukuri. Semakin lama anda hidup, semakin banyak anda akan mengalami kehilangan. Tetapi ketika anda kehilangan orang-orang atau sesuatu yang lain, kehidupan akan terasa menjadi lebih berharga. Ketika anda berhenti menerima, anda  bisa lebih menghargai dan menikmati apa yang anda miliki

  • Maklumi dan ekspresikan perasaan anda. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk mengungkapkan emosi anda, karena merasa bahwa perasaan-perasaan itu tidak pantas diungkapkan dan tidak mendesak dan perlu. Namun mengubur perasaan anda lama-kelamaan dapat mengakibatkan kemarahan, kebencian, dan depresi. Janganlah menyangkal apa yang sedang anda alami. Temukan cara-cara sehat untuk memproses perasaan anda, mungkin dengan cara berbicara atau curhat dengan seorang teman dekat atau menulis dalam sebuah jurnal untuk menyalurkan perasaan anda.

  • Terimalah hal-hal yang tidak dapat anda rubah. Banyak hal dalam hidup berada di luar kendali kita. Daripada terus menerus menghabiskan waktu dan tenaga untuk hal-hal yang tak mungkin dirubah, lebih baik fokus pada hal-hal yang dapat anda kontrol seperti memilih cara yang baik untuk bereaksi terhadap suatu masalah. Akui keterbatasan anda secara bermartabat dan dengan rasa humor yang sehat.

  • Belajar dari kesalahan. Seperti kata pepatah, “Hal-hal yang tidak dapat membunuh kita akan membuat kita lebih kuat.” Ketika menghadapi tantangan besar, cobalah untuk melihatnya sebagai peluang untuk perkembangan pribadi. Jika pilihan-pilihan buruk anda sendiri memberikan kontribusi terhadap situasi yang penuh ketegangan, bercerminlah pada pengalaman ini untuk belajar dari kesalahan.

  • Tanganilah tantangan hidup anda setiap hari, jangan menunda. Ketika sebuah tantangan tampaknya terlalu besar untuk ditangani, maka “menyapu sampah lantai ke bawah karpet” sering muncul sebagai pilihan termudah. Tetapi mengabaikan masalah tidak akan membuat masalahnya selesai, justru akan membuat  masalah maupun kecemasan anda semakin bertambah. Sebaliknya, lakukanlah langkah-langkah penyelesaian kecil satu demi satu. Langkah-langkah kecil dapat memberi anda waktu untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dan mengingatkan anda bahwa anda bukanlah tidak berdaya.

Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 9 September 2014

No comments:

Post a Comment