Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #2 - MENEMUKAN ARTI DAN KEBAHAGIAAN HIDUP

TIPS UNTUK LANSIA #2 - MENEMUKAN ARTI DAN KEBAHAGIAAN HIDUP


Bahan utama dalam resep untuk menjalani masa tua secara sehat di atas 50 adalah meneruskan kemampuan untuk menemukan makna dan kebahagiaan dalam hidup. Ketika anda menua, hidup anda akan berubah dan anda secara bertahap akan kehilangan hal-hal yang sebelumnya mengisi waktu anda dan menjadi tujuan hidup anda. Misalnya, pekerjaan anda mungkin mengalami perubahan, anda mungkin akhirnya pensiun dari karier anda, anak-anak  meninggalkan rumah satu persatu, atau teman-teman lain dan keluarga mungkin berpindah kesatu tempat yang jauh. Tapi itu bukan waktunya untuk berhenti bergerak maju. Kehidupan lanjut usia dapat menjadi waktu yang penuh petualangan baru yang menarik jika anda mau menjalaninya.


Tetap sehat di atas 50 berarti mencari berbagai kegiatan yang dapat anda menikmati

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk memahami makna dan kegembiraan hidup, di mana kegiatan-kegiatan yang anda nikmati dapat berubah dari waktu ke waktu. Jika karir anda melambat atau anda memasuki masa pensiun, atau jika anak anda meninggalkan rumah, maka sebetulnya anda menemukan bahwa anda memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati kegiatan di luar pekerjaan dan keluarga. Bagaimanapun, waktu yang diluangkan untuk memupuk semangat Anda tidak pernah akan terbuang.

Jika anda tidak yakin dari mana memulai, cobalah beberapa saran berikut:

  • Kerjakan hobby yang lama terabaikan atau cobalah hobby yang baru
  • Bermain dengan cucu-cucu, keponakan-keponakan, atau hewan peliharaan favorit
  • Pelajari sesuatu yang baru (alat musik, bahasa asing, sebuah permainan/game baru)
  • Berpartisipasi dalam komunitas anda (relawan, paguyuban alumni sekolah atau perusahaan atau menghadiri majelis taklim, pengajian)
  • Mengambil kursus atau bergabung dengan satu klub
  • Melakukan perjalanan ke suatu tempat baru atau ikut perjalanan akhir pekan ke tempat yang belum pernah anda kunjungi
  • Luangkan waktu di alam bebas (mendaki gunung, pergi ke tempat yang indah, memancing atau berkemah, berekreasi di pantai)
  • Menikmati kesenian (Kunjungi museum, pergi ke konser atau nonton pertujukkan wayang, tari tradisional)
  • Menulis memoar anda atau sebuah kisah tentang pengalaman hidup anda

Sesungguhnya kemungkinannya tidak terbatas. Yang penting adalah untuk menemukan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan bagi anda

Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 9 September 2014

No comments:

Post a Comment