Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #4 - CARA MAKAN SEHAT UNTUK LANSIA

TIPS UNTUK LANSIA #4 – CARA MAKAN SEHAT UNTUK LANSIA


Jangan terjebak dalam mitos yang mengatakan bahwa semakin tua umur anda secara otomatis berarti anda tidak akan merasa baik dan sehat lagi. Memang benar bahwa proses penuaan merupakan perubahan fisik, tetapi itu tidak harus berarti ketidak-nyamanan dan kecacatan. Walaupun tidak semua penyakit atau rasa sakit ini dapat dihindari, banyak dari tantangan fisik yang berkaitan dengan penuaan dapat diatasi atau dikurangi secara drastis dengan makan secara benar, berolah-raga dan merawat diri anda sendiri.

Tidak pernah terlalu terlambat untuk memulai! Tidak peduli berapapun usia anda atau bagaimana tidak sehatnya anda di masa lalu, maka peduli pada tubuh anda memiliki manfaat besar yang dapat membantu anda agar tetap aktif, mempertajam daya ingat anda, meningkatkan sistem kekebalan anda, mengelola masalah kesehatan, dan meningkatkan energi anda. Pada kenyataannya, banyak orang dewasa yang lebih tua menyatakan dirinya merasa lebih baik dari sebelumnya karena mereka berupaya lebih keras untuk menjadi sehat daripada yang mereka lakukan ketika mereka masih muda.

TIPS CARA MAKAN SEHAT UNTUK LANSIA

Ketika anda bertambah usia, hubungan anda dengan makanan akan mengalami perubahan seiring dengan kondisi tubuh anda. Metabolisme yang menurun, perubahan dalam rasa dan penciuman, serta pencernaan yang melambat dapat mempengaruhi selera anda, jenis makanan yang dapat anda makan dan bagaimana tubuh anda memproses makanan. Kuncinya adalah untuk mengetahui bagaimana caranya untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan anda. Kini, cara makan sehat untuk menjaga kesehatan dan energi anda menjadi lebih penting dbandingkan dengan masa sebelumnya. Berikut ini tips-nya:

  • Makanlah buah-buahan, sayuran dan gandum utuh yang tinggi serat. Seluruh sistem pencernaan anda melambat ketika anda bertambah usia, sehingga mengkonsumsi serat sangatlah penting. Konsumsilah makanan kaya serat seperti gandum utuh, buah dan sayuran. Mereka akan membantu anda untuk merasa lebih enerjik dan memberi anda bahan bakar untuk terus melanjutkan aktifitas.

  • Upayakan untuk membuat tampilan makanannya menarik dan lezat. Daya kecap dan nafsu makan anda mungkin tidak sekuat dulu lagi, tapi kebutuhan nutrisi tetap penting seperti biasanya. Jika Anda tidak bisa menikmati makan seperti sebelumnya, lakukan lebih banyak usaha saat menyiapkan makanan untuk anda, termasuk cara anda menambah rasa, mengolah dan menyajikan makanan anda.

  • Hindari terjadinya dehidrasi. Karena perubahan-perubahan fisik, orang dewasa tua lebih cenderung mengalami dehidrasi. Jadi pastikan Anda minum banyak cairan, bahkan jika anda tidak merasa haus. Jika Anda tidak minum air yang cukup, anda akan menjadi tidak fit dan energi anda akan mengalami penurunan.

  • Buatlah acara santap anda seperti acara sosial. Akan lebih menyenangkan untuk makan bersama dengan orang lain daripada makan sendirian. Jika anda tinggal sendirian, undanglah orang lain untuk ikut makan. Ini adalaha salah satu cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan teman sambil berbagi memasak dan tugas-tugas membersihkan rumah.

Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 7 September 2014

No comments:

Post a Comment