Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #3 - AGAR TETAP EKSIS DALAM PERGAULAN

TIPS UNTUK LANSIA #3 - AGAR TETAP EKSIS DALAM PERGAULAN


Salah satu tantangan terbesar dalam menjalani masa lansia adalah perubahan dalam network pergaulan anda. Tetap menjalin hubungan dengan teman, kenalan, juga dengan sanak saudara tidak selalu mudah saat anda bertambah tua. Bahkan juga tidak mudah bagi mereka yang memiliki kehidupan sosial yang aktif di masa mudanya. Perubahan karir, memasuki masa pensiun, penyakit, kematian, dan perpindahan tempat tinggal dari daerah setempat dapat menjauhkan anda dari teman dekat dan anggota keluarga. Dan semakin bertambahnya usia anda, semakin banyak anda akan kehilangan mereka. Di masa lansia, pergaulan mungkin menjadi sulit baik bagi anda sendiri maupun para anggota network sosial anda

Maka menjadi penting untuk menemukan cara untuk keluar dari sarang dan terhubung dengan orang lain, terlepas dari apakah anda hidup dengan pasangan atau tidak. Memiliki sebuah daftar dari orang-orang yang dapat anda ajak untuk menemani dan membantu anda di masa lansia merupakan penawar terhadap kemungkinan terjadinya kesepian, depresi, cacat, masa-masa sulit, dan kehilangan.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak cara untuk tetap berada bersama-sama dengan orang lain. Tanpa peduli aktifitas apapun yang anda lakukan, selama anda bisa keluar dari rumah (jika mungkin) dan bersosialisasi dengan orang lain:

  • Berhubungan secara teratur dengan teman dan keluarga. Habiskan waktu dengan orang-orang yang anda senangi dan yang bisa membuat anda merasa optimis. Mungkin ada tetangga yang bisa anda ajak berolahraga, janjian makan siang dengan seorang teman lama, atau belanja bersama anak-anak anda. Bahkan jika anda tidak berada di dekat mereka, sering-seringlah hubungi mereka dengan telepon, email atau jaringan sosial media agar hubungan tetap terbina.

  • Berusahalah untuk mencar teman baru. Karena anda mulai kehilangan orang-orang di lingkaran sosial anda, maka sangat penting untuk mencari pertemanan atau hubungan baru sehingga lingkaran sosial anda tidak berkurang. Bukalah kemungkinan untuk berteman dengan orang-orang yang lebih muda dari anda. Teman-teman muda dapat memberi semangat baru dan membantu anda memandang hidup ini dari perspektif yang baru.

  • Luangkan waktu untuk berhubungan dengan setidaknya satu orang setiap hari. Apapun situasi hidup atau pekerjaan anda, anda tidak harus menyendiri hari demi hari. Kontak telepon atau berkirim email bukanlah merupakan pengganti untuk menghabiskan waktu dengan orang lain. Kontak tatap muka teratur dengan seseorang setiap hari akan membantu anda menangkal depresi dan tetap bersikap positif.

  • Menjadi relawan. ‘Memberi kembali’ kepada komunitas adalah cara yang sangat bagus untuk memperkuat ikatan sosial dan bertemu dengan orang lain. Makna dan tujuan yang anda temukan dalam membantu orang lain akan memperkaya dan memperpanjang hidup anda. Menjadi sukarelawan adalah cara alami untuk bertemu orang lain yang tertarik pada kegiatan serupa atau yang berbagi nilai-nilai yang sama. Bahkan jika mobilitas anda terbatas, anda tetap dapat terlibat secara sukarela melalui telepon.
  • Temukan kelompok-kelompok pendukung pada saat anda mengalami perubahan. Jika anda atau orang tercinta mengalami satu penyakit yang serius atau meninggal, maka sangatlah membantu untuk berpartisipasi dalam kelompok pendukung dengan orang lain yang mengalami hal yang sama.
Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 8 September 2014

No comments:

Post a Comment