Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #7 - MENJAGA KETAJAMAN DAYA INGAT

TIPS UNTUK  LANSIA #7 - MENJAGA KETAJAMAN DAYA INGAT


Ada banyak alasan baik untuk menjaga otak anda sama aktifnya seperti tubuh anda. Menjaga otak anda aktif dan mempertahankan kreativitas benar-benar dapat membantu mencegah masalah memori dan penurunan kognitif. Semakin anda menggunakan dan mengasah otak anda, semakin banyak manfaat yang akan anda dapatkan. Hal ini terutama berlaku jika karir anda tidak lagi menantang atau jika anda sudah pensiun sama sekali dari bekerja.

Cobalah beberapa variasi yang anda ketahui. Bagi beberapa orang mengasah otak mungkin bisa dengan permainan. Orang lain dapat menikmati teka-teki atau mencoba memasak resep baru. Temukan sesuatu yang anda nikmati dan terus mencoba variasi dan tantangan baru. Jika anda suka teka-teki silang, tingkatkan ke serangkaian teka-teki silang yang lebih menantang atau mencoba suatu permainan kata baru. Jika suka memasak, cobalah memasak jenis makanan yang sama sekali berbeda, atau mencoba membuat kue menggunakan oven jika selama ini sebagian besar kegiatan anda adalah memasak menggunakan kompor.

Lakukan sesuatu yang baru setiap hari. Anda tidak harus mengerjakan teka-teki silang atau puzzle yang rumit untuk menjaga memori anda tajam. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru setiap hari, apakah itu mengambil rute yang berbeda untuk bekerja atau ke toko kelontong atau menyikat gigi dengan tangan yang berbeda.

Lakukan hal-hal yang benar-benar baru. Melakukan hal-hal yang sanma sekali baru adalah cara yang bagus untuk terus belajar. Apakah anda selalu ingin mempelajari bahasa asing yang berbeda? Atau mempelajari keterampilan komputer baru? Belajar untuk bermain golf? Ada banyak kursus-kursus murah di berbagai komunitas atau community college yang member kesempatan untuk menangani hal-hal baru. Menjadi sukarelawan adalah juga cara yang bagus untuk belajar tentang daerah satu bidang baru. Mengikuti kursus dan menjadi relawan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan hubungan sosial, yang juga merupakan penguat otak lain.

Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 7 September 2014

No comments:

Post a Comment