Tuesday, September 9, 2014

TIPS UNTUK LANSIA #6 - AGAR TIDUR NYENYAK DI USIA LANJUT

TIPS UNTUK LANSIA #6 - AGAR TIDUR NYENYAK DI USIA LANJUT


 Banyak orang dewasa mengeluh masalah tidur karena usia, termasuk insomnia, rasa mengantuk di siang hari, dan sering terjaga sepanjang malam. Tapi menjadi bertambah usia tua tidak secara otomatis akan terjadi masalah tidur. Kebiasaan tidur yang buruk seringkali menjadi penyebab utama kualitas tidur yang rendah pada orang dewasa di atas 50 tahun.

  • Tingkatkan kadar melatonin anda secara alami di malam hari. Penggunaan lampu buatan pada malam hari dapat menekan tubuh anda untuk memproduksi melatonin, yaitu hormon yang membuat anda mengantuk. Menggunakan lampu dengan watt rendah di tempat yang aman untuk menyalakannya, serta matikan TV dan komputer paling sedikit satu jam sebelum tidur.

  • Pastikan kamar tidur anda tenang, gelap dan adem, dengan tempat tidur yang nyaman. Suara, cahaya, dan udara panas dapat mengganggu tidur. Anda juga bisa mencoba menggunakan masker mata untuk membantu menghalangi cahaya.

  • Kembangkan ritual tidur. Sebuah ritual yang menenangkan, seperti mandi atau bermain atau mendengarkan musik akan membantu membuat anda mengantuk.

  • Tidur lebih awal. Rubahlah waktu tidur Anda yang disesuaikan dengan saat ketika anda merasa lelah. Kalau perlu bisa lebih awal dari waktu biasanya.


Seri Artikel TETAP SEHAT DI ATAS 50 TAHUN:
Kami sajikan kiat-kiat atau tips untuk berbagai aspek kehidupan seorang lanjut usia (LANSIA) yang tersaji dalam tulisan-tulisan di bawah ini:
Semoga bermanfaat
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 7 September 2014

No comments:

Post a Comment